WORKSHOP FASILITASI PEMBINAAN AKREDITASI PROGRAM STUDI DAN INSTITUSI POLTEKKES KEMENKES

WORKSHOP FASILITASI PEMBINAAN AKREDITASI PROGRAM STUDI DAN INSTITUSI POLTEKKES KEMENKES

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan daya saing bangsa, maka perlu dilaksanakan pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan. Upaya yang dilaksanakan meliputi perencanaan kebutuhan dan program sumber daya manusia yang diperlukan, pengadaan SDM melalui pendidikan tenaga kesehatan, pelatihan sumber daya manusia kesehatan, pendayagunaan sumber daya manusia kesehatan, termasuk peningkatan   kesejahteraannya, dan pembinaan serta pengawasan mutu sumber daya manusia kesehatan (Perpres 72 Th 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional pasal 118).

Cek Kehadiran Wakil Direktur I oleh Kepala Pusdiknakes

Sejalan   dengan   arah   Kebijakan   Badan   Pengembangan   dan   Pemberdayaan   SDM kesehatan mengacu pada arah kebijakan Kementerian Kesehatan yaitu Meningkatkan Jumlah, Jenis, Kualitas, dan Pemerataan Tenaga Kesehatan. Dengan sasaran strategis Badan PPSDM Kesehatan sampai tahun 2019, yaitu salah satunya adalah Jumlah SDM Kesehatan yang ditingkatkan kompetensinya sebanyak 56.910 orang. Strategi yang akan dilakukan untuk mencapai sasaran adalah Peningkatan produksi SDM Kesehatan yang bermutu, peningkatan mutu tenaga kesehatan melalui peningkatan kompetensi, pendidikan dan pelatihan dan Pengendalian peserta pendidikan dan hasil pendidikan. Dalam rangka mendukung arah kebijakan Badan PPSDM Kesehatan dalam penguatan pelayanan kesehatan melalui pemenuhan tenaga kesehatan di pelayanan kesehatan primer.

Peserta Workshop Poltekkes Seluruh Indonesia

Berbicara tentang kualitas SDM Kesehatan, pasti tidak akan terlepas dari pendidikan tenaga kesehatan. Kualitas pendidikan tinggi tenaga kesehatan sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Tenaga kesehatan yang profesional dihasilkan oleh institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan yang menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, oleh karena itu institusi diknakes wajib melakukan, melembagakan, mengendalikan serta menetapkan penjaminan mutu pendidikan. Salah satu alat untuk meningkatkan mutu institusi pendidikan tenaga kesehatan   adalah   melalui   akreditasi   atau   penilaian   terhadap   penyelenggaraan pendidikan yang merupakan kontrol dan audit eksternal mutu pendidikan.

Dr. Kusnanto, M.Kep Narasumber Kegiatan

Dalam melakukan penilaian terhadap borang dan atau portofolio program studi/institusi dan juga penilaian di lapangan (visitasi) untuk validasi dan verifikasi hasil dilakukan oleh seorang asesor.   Asesor BAN-PT adalah tenaga pakar pada bidang ilmu, bidang studi, profesi, dan atau praktisi yang mewakili BAN-PT dalam penilaian akreditasi program studi. Tim Akreditasi Poltekkes Kemenkes diharapkan memiliki pemahaman mendetail sehingga dapat bargaining position pada saat penyusunan borang dan pelaksanaan visitasi.

Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Ternate

Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan menyelenggarakan fungsi salah satunya adalah melakukan penyiapan penyusunan kebijakan teknis dan pelaksanaan dibidang fasilitasi akreditasi pendidikan sumber daya manusia kesehatan. Sekaitan dengan hal tersebut diatas, budaya mutu yang harus selalu dibangun dan dikembangkan oleh setiap Poltekkes Kemenkes maka diperlukan adanya kegiatan Workshop Fasilitasi Pembinaan Akreditasi, sehingga Poltekkes Kemenkes mendapatkan nilai akreditasi yang unggul.

Tujuan pertemuan ini adalah untuk memberikan pemahaman pada pimpinan, UPM, dosen dan tim akreditasi di masing-masing Poltekkes dalam mengisi borang akreditasi sehingga diperoleh hasil akreditasi unggul. Pertemuan  ini  akan  dilaksanakan  selama  3  (tiga)  hari  di  Hotel  Ciputra  Jakarta  pada tanggal 13 – 15 Februari 2019. Output dalam kegiatan ini adalah (1) Tersosialisasinya Borang APT versi 3.0, (2) Masukan untuk penyesuaian standar dan dokumen mutu di Poltekkes Kemenkes menyesuaikan dengan kriteria penilaian akreditasi terbaru BAN-PT, (3)     Pemahaman pimpinan, UPM, dosen dan tim akreditasi di masing-masing Poltekkes meningkat.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Kemenkes RI Bpk. Sugiyanto, S.Pd, M.Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltekkes Kemenkes Ternate Bpk. Arsad Suni, S.Kep.,Ns, M.Kep dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Poltekkes Kemenkes Ternate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *