WORKSHOP PEMBUATAN MODUL AJAR

WORKSHOP PEMBUATAN MODUL AJAR

Kurikulum memiliki makna yang beragam baik antar negara maupun antar Institusi penyelenggara pendidikan, hal ini disebbakan adanya interprestasi yang berbeda terhadap kurikulum. Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan, menyebutkan yang dimaksud dengan Kurikulum adalah seperangkat rencana pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi, Jika dikaitkan dengan sistem pendidikan tinggi, maka kurikulum dapat berperan sebagai sumber kebijakan manajemen pendidikan tinggi untuk menentukan arah pendidikannya.

Dalam Implementasi Kurikulum diperlukan Modul Ajar sebagai Panduan mahasiswa dalam mencapai Capaian Pembelajaran pada setiap mata kuliahnya. Menjadi salah satu tugas dosen adalah mempersiapakan modul ajar, sehingga dalam pendidikan vokasi pemutakhiran modul ajar menjadi sebuah kewajiban untuk menyajikan ilmu pengetahuan yang senantiasa up to date dalam perkembangan dunia kesehatan.

Dosen Peserta Workshop Pembuatan Modul Ajar

Selain kebutuhan pembaharuan ilmu pengetahuan, perlu diakui masih beragamnya pembuatan modul ajar di seluruh program studi Poltekkes Kemenkes Ternate, pemahaman dan implementasi yang tidak seragam membuat sulit terukurnya suatu modul ajar baik atau tidak, sehubungan dengan hal tersebut maka Pusat Mutu dan Pengembangan Pendidikan melaksanakan Workshop Pembuatan Modul Ajar bagi seluruh dosen Poltekkes Kemenkes Ternate, selain untuk mempersamakan persepsi juga untuk membuat outline yang disepakati bersama sebagai modul ajar yang merupakan indentitas pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Ternate.

Workshop Pembuatan Modul Ajar Dosen Poltekkes Kemenkes Ternate
Narasumber Kegiatan dari Kemenristekdikri RI

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 10 s.d 12 Desember 2018, bertempat di Poltekkes Kemenkes Ternate, sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Yulita Prioningsih dan Bpk. Alim Sumarmo, S.Pd, M.Pd dari Dirjen Belmawa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. Peserta dalam kegiatan ini sejumlah 60 orang dosen Poltekkes Kemenkes Ternate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *