PELATIHAN AUDITOR MUTU INTERNAL

PELATIHAN AUDITOR MUTU INTERNAL

Kebijakan dan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang merupakan sistem yang otonom (mandiri) yang ditetapkan oleh perguruan tinggi sendiri. Struktur dan Mekanisme Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang ditetapkan dalam Permenristekdikti No.62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

SPMI yaitu kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonomom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. SPMI direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan dan dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi.

Pelatihan Auditor Internal Hari Pertama

Tujuan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) adalah menjamin pemenuhan Standar Dikti secara sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang Budaya Mutu disetiap perguruan tinggi di Indonesia. Dengan demikian, implementasi SPM Dikti dengan struktur seperti diatas harus mampu menjamin pemenuhan Standar Dikti di Perguruan Tinggi secara sistemik dan berkelanjutan.

Calon Auditor dibagi dalam kelompok kecil

Dalam Upaya untuk menjamin mutu di Poltekkes Kemenkes Ternate diperlukan evaluasi pelaksanaan mutu, sebagai media evaluasi melalui kegiatan Audit Mutu Internal yang dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya, namun jumlah auditor terlatih masih terbatas sehingga evaluasi masih dilakukan pada program studi. Tahun 2018 Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan melakukan kegiatan Pelatihan Auditor Internal dalam upaya memenuhi jumlah auditor.

Pelatihan Auditor ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 07 November sampai dengan 09 NOvember 2018, bertempat di Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Ternate,  Sasaran dan Target Pelatihan Auditor  adalah Dosen/Instruktur/tenaga kependidikan pada Jurusan/Program Studi/Unit Penunjang dengan jumlah 35 orang. Narasumber dalam kegiatan Pelatihan ini adalah Dr. Wonny Ahmad Ridwan, MM dan Ir. Ujang Sehabudin, M.Si dari Institut Pertanian Bogor.

Mekanisme kegiatan Pelatihan Auditor ini dimulai dari Pre-Test, presentasi dan diskusi antara pemateri dan peserta, kemudian dilakukan Praktik Audit Internal Mutu di Program Studi dan Unit Penunjang, setelah Praktik kemudian kelompok Auditor melakukan presentasi hasil auditnya didepan Narasumber, kemudian narasumber memberikan evaluasi dari kondisi yang ditemukan oleh auditor. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *